Login

Lost your password?
Don't have an account? Sign Up

Membangun Ketahanan Pangan di Tingkat Komunitas

Pada akhir tahun 2020, kasus positif virus corona di Sulawesi Tengah mengalami peningkatan yang signifikan setiap hari.  Pada awal tahun 2021, lonjakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulawesi Tengah telah mencapai 4.215 orang. Kenaikan orang terkonfirmasi COVID-19 ini tidak hanya berdampak terhadap krisis kesehatan warga. Namun juga berdampak secara krisis ekonomi, terutama bagi warga miskin di pedesaan.

Segala upaya telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun organisasi masyarakat sipil (OMS) untuk memberikan perlindungan sosial bagi warga terdampak COVID-19.

Ketidak pastian ini, membutuhkan inisiatif baru dari tingkat komunitas untuk bertahan dari krisis pangan akibat efek pandemi COVID-19. Inisiatif  ini,  diharapkan mampu menciptakan solidaritas sesama warga untuk saling membantu selama masa pandemi COVID-19.

Untuk itu, Komunitas Celebes Bergerak memberikan perhatian pada fokus pendampingan bagi komunitas dalam menyiapkan ketahanan pangan di tingkat komunitas. Adapun fokus utama yang dilakukan dalam isu ini yakni:

  • Pengorganisasian di tingkat komunitas
  • Pembangunan lumbung pangan komunitas
  • Pendampingan komunitas

Pada wilayah perkotaan, Komunitas Celebes Bergerak mendorong pengembangan tanaman hidroponik yang dikolola secara kolektif oleh komunitas dan pemanfaatan ruang pekarangan keluarga. Pada kelompok nelayan, kami mendorong pengembangan ikan asap sebagai alternatif ketahanan pangan keluarga. Sedangkan bagi petani kecil di pedesaan, Komunitas Celebes Bergerak mendorong inisiatif petani kecil untuk membangun kebun kolektif yang dikelola secara kolektif oleh komunitas.

 

_____________________________

Hubungi kami, jika Anda tertarik dengan fokus isu ini melalui e-mail info@sultengbergerak.org atau via WhatsApp di nomor +628 2291 794 751